Senin, 25 Oktober 2010

Manusia dan kebudayaan

Manusia dan kebudayaan

* Pengertian manusia itu sangat luas
dimana masing – masing individu memiliki pengertian sendiri, dan menurut pendapat saya,
Manusia dalam pengertian agama kristiani saya bahwa manusia itu berawal dari allah menciptakan dunia dan segala yang ada di dalam semestanya ketika itu allah memberikan bumi kepada manusia dengan keadaan yang sempurna.
Allah berfirman, tuhan sudah membentuk manusia berawal dari debu dan tanah serta menghembuskan nafas hidup dalam hidungnya, demikian manusa itu telah menjadi makhluk hidup. Setiap manusia dalam hidupnya itu tidak dapat bisa ngejalani hidupnya sendiri,dimana dia perlu seseorang yang ada di sampingnya yang akan membatunya.
Seperti saya yang dilahirkan dari rahim ibu saya,


Add caption












menjadi makhluk hidup social yang di berikan kasih sayang. Setiap manusia itu menurut saya tidak ada yang sempurna, diamana manusia belum bisa menghargai adanya rasa tenggang rasa maupun sopan santun, manusia sebagai makhluk hidup itu tandanya sudah menanggung jawab hidupnya.


* Manusia juga memilki hak sebagai makhluk social yaitu
sosialisasi atau sebagai hak asasi manusia HAM. Dimana manusia itu berhak untuk melakukan haknya dia untuk memilih hidupnya kedepan.
Pengertian manusia itu sangat luas, manusia yang barawal di ciptakn oleh tuhan, dan manusia sebagai makhluk hidup/social.

* Manusia memilki banyak maslah hidupnya,
misalnya manusia kurang puas dalam dirinya sendiri, contohnya dengan mempercantik mukanya memakai suntik silicon,ada juga manusia di beri pekerjaan yang tinggi dan seseorang itu menunjukkan sikap yang negative yang tak puas terhadap pekerjaan yang sudah di beri ke dia.tuhan itu baik sekali sudah menberi kita hidup yang normal. Manusia yang kurang puas itu manusia yang jahat atau manusia yang berdosa.dalam ajaran agama kristiani saya, setiap orang dilahirkan dengan tabiat dosa dan kelak pada suatu hari akan menanti sebab dosa mendatang kematian.

* manusia dan kebudayaan
itu berperan sebagai pedoman kita dan sebagai makhluk social-budaya..
Misalnya kebudayaan dalam manusia itu adalah adat istiadat. Setiap individu memiliki adat contohnya saya berasal dari Sumatra utara dalam adat istiadat saya dalam acara pernikahan, setiap orang mengnakan ulos dimana ulos itu sebagai symbol mereka dari daerah masing, di iringin oleh tarian tor-tor,kebudayaan adat ini yang masih melekat dalam adat saya,dan tidak hilang,











misalnya lagi adat padang dalam pernikahan yang satu ini adat yang unik sekali dimana perempuan membeli pasangannya.Tetapi dalam adat tersebut masih ada digunakan dengan adat itu dan ada juga yang sudah hilang tidak menggunakan dengan adat tersebut
.jadi definisi saya tentang “kebudayan”itu sangat luas sekali, dan yang bersifat universal, yag berarti kebudayaan atau adat istiadat sebagai mengatur dan mengarahkan kita dalam gagasan, tindakan dan karya kita, dan menghasilkan kebudayaan yang secara fisik.dan dan memiliki unsur keseniaanya serta bahasanya….dan kebudayaan itu tidak bisa dilepas oleh manusia karena sepanjang hidup kita sebagai penanggung kewajiban kita serta hak memilki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar